[Tutorial] Cara Membuat Watermark Menggunakan MS Paint

Ritz1

Membuat / menambahkan watermark atau tanda air pada foto-foto yang akan diunggah ke internet sangatlah penting untuk menandai hak cipta / kepemilikan kita atas foto-foto tersebut.

Ada banyak aplikasi untuk membuat watermark. Mulai dari yang harus dibayar mahal sampai yang gratis. Mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dan membutuhkan keahlian khusus.

Tutorial yang akan saya share disini adalah cara membuat watermark menggunakan aplikasi bawaan dari Windows, yaitu menggunakan aplikasi Microsoft Paint. Aplikasi ini yang saya gunakan untuk membuat watermark pada foto-foto di blog ini. Caranya cukup mudah koq…

  1. Untuk menampilkan aplikasi MS Paint, klik tombol start, arahkan pointer ke All Program, kemudian arahkan ke Accesories, sorot icon Paint, kemudian klik.

 

2.Paint akan terbuka, menampilkan New Picture (blank).

 

3. Untuk membuka foto yang akan diberi watermark, klik File, dan kemudian klik Open atau tekan bersamaan Ctrl+O pada keyborad.

 

4. Pilih foto yang akan di watermark dari file yang disimpan di komputer atau laptop. Klik Open.

 

5. Setelah foto terbuka di Paint, anda siap untuk mulai memberi watermark. Untuk membuat watermark, klik tool Text yang ada di menu toolbar sebelah kiri.

 

6. Kemudian klik pada gambar dimana anda ingin menempatkan watermark. Akan muncul rectangle yang akan menjadi batasan dari teks yang akan anda buat. Anda bisa memindahkan rectangle ini dengan cara mengklik dan menggeser pada tepiannya atau mengubah ukurannya dengan cara mengeklik pada sudut atau titik tengah ujung-ujungnya.

 

7. Setelah rectangle muncul, jendela Font ( text toolbar) akan muncul. Anda bisa memilih jenis font, ukuran dan style (bold, italic, atau underline).

 

8. Warna tulisan watermark bisa dipilih dari palet di bagian bawah jendela Paint dengan cara mengeklik pada warna yang diinginkan.

 

9. Background tulisan (di dalam rectangle) pun bisa diwarnai. Tapi biasanya untuk watermark, background nya tidak diwarnai sehingga tidak menghalangi gambar. Agar background tulisan tidak berwarna, klik transparent.

 

10. Sekarang anda siap untuk mengetikan kata/kalimat yang akan digunakan sebagai watermark. Bisa juga anda mulai dengan menuliskan teksnya baru kemudian mengedit seperti di langkah-langkah yang dijelaskan di atas.

 

11. Setelah selesai dengan teks dan editannya, klik dimana saja diluar batasan teks watermark.

Catatan:

Setelah anda mengklik diluar batasan teks, anda sudah tidak bisa lagi mengedit watermark yang anda buat. Sehingga pastikan bahwa watermark yang anda buat sudah benar-benar sempurna sesuai dengan keinginan anda. Dan juga hati-hati pada saat mengedit watermark jangan sampai anda mengklik di luar batasan (rectangle) teks watermark nya.Mari kita lihat hasil dari gambar yang sudah diberi watermark di bawah ini.

 

Anda juga bisa membuat watermark yang lebih besar yang melintang di tengah-tengah gambar. Caranya sama, tempatkan saja rectangle di tengah gambar dan di set lebih besar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
You can leave a response, or trackback from your own site.

14 Responses to “[Tutorial] Cara Membuat Watermark Menggunakan MS Paint”

  1. vienthiNo Gravatar says:

    Makasi mb ilmunya…penjelasannya mudah diikuti..

  2. AdistiNo Gravatar says:

    makasih mba santi ilmu nya :) senangnya dapet ilmu baru lg

  3. terima kasih tutorial nya gampang diikutin,, cucok buat saya yang suka gaptek iniih… :) )

    akhirnyaa bisa juga bikin watermark,,, yeaaa.. ahhaaha

  4. ayieNo Gravatar says:

    makasih banyak ya mbak atas ilmunya…
    semoga Tuhan membalas kebaikan mbak yg suka berbagi

  5. gimana cara’a bikin watermark

  6. idaNo Gravatar says:

    Selamat siang,
    mau tanya nih
    teks yg saya ketikkan posisi huruf jadi tidur, gimana cara mengembalikan ke posisi semula?
    thanks

    • Tidur gimana maksudnya? apakah jadi miring atau italic? atau bener-bener tidur sampe ga kebaca?
      Kalo bukan karena kepilih pilihan italic mungkin karena rectangle-nya kurang lebar. Selama rectangle-nya masih muncul (belum nge-klik di luar rectangle) masih bisa diedit. Coba diperlebar rectangle-nya.

  7. JordanNo Gravatar says:

    makasih infonya ya, sist. salam kenal and sukses selalu.

Leave a Reply

This site is using OpenAvatar based on