Pengobatan dan Terapi Penyakit Bell’s Palsy

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, anak saya, Micky, terkena gangguan saraf wajah atau Bell’s Palsy. Gangguan saraf ke tujuh ini menyebabkan sebelah wajahnya kaku dan tidak mampu bereaksi dan berekspresi seperti biasa, sehingga wajahnya jadi terlihat asimetris seperti yang kena stroke.

Dan seperti kebanyakan penyakit, datang dengan begitu mudah dan tiba-tiba, tapi pergi dengan begitu lambatnya. Kalau menurut istilah ibu saya, “Datang naik pesawat dan pergi naik undur-undur.” hiks…

Begitupun dengan Bell’s Palsy. Butuh kesabaran ekstra untuk mendapatkan kesembuhan dan kondisi wajah seperti biasa. Pengobatan dilakukan oleh dokter saraf yang memberikan beberapa obat yang harus dikonsumsi secara teratur setiap hari. Kontrol ke dokter dilakukan seminggu sekali. Dokter saraf bekerja sama dengan dokter fisioterapi untuk merekomendasikan terapi fisik.

Fisioterapi dilakukan oleh terapis seminggu tiga kali. Dimulai dengan terapi hangat. Wajah Micky disinari dengan lampu dari jarak dekat dan matanya ditutup. Setelah penyinaran, kemudian wajah yang kaku “disetrum” atau dialiri listrik tegangan rendah dengan menempelkan alat khusus. Setelah itu langkah terakhir, yaitu pemijatan oleh terapis. Semua rangkaian terapi ini makan waktu sebanyak 60 menit, masing-masing terapi dilakukan selama 20 menit.

Yang dibutuhkan selama proses ini adalah kesabaran dan do’a yang tak putus-putus. Sampai sekarang pun, Micky masih mendapatkan terapi ini. Get well soon, dear…. :’)

Update:

Akhirnya saya menjalani terapi alternatif untuk penyembuhan penyakit Bell’s Palsy Micky. Bagi yang ingin mengetahui terapi alternatifnya silakan baca di link ini:

http://mamaaksi.com/2013/01/08/alternatif-pengobatan-bells-palsy/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
You can leave a response, or trackback from your own site.

32 Responses to “Pengobatan dan Terapi Penyakit Bell’s Palsy”

  1. semoga saya cepat sembuh dari gangguan saraf ini, saya terkena 3 hari yg lalu dan oleh dokter ahli saraf diberikan prednison dan ranitidin. apakah in cukup membantu kesembuhan saya. terima kasih atas jawabannya

    • Terapi obatnya disertai fisioterapi nggak? fisioterapi sangat membantu dalam proses penyembuhan Bell’s Palsy. Pemijatan bisa juga dilakukan sendiri di rumah, dengan terlebih dahulu menghangatkan wajah dengan handuk yang sebelumnya sudah direndam air hangat dan diperas. Pemijatan dilakukan perlahan-lahan saja, di sekitar alis, pelilis, pipi, rahang, dan sekitar mulut.
      Terapis juga menyarankan untuk sering-sering berkumur, minum dengan sedotan, dan latihan meniup balon, serta menaikturunkan alis. Gunanya untuk melatih otot-otot wajah supaya lentur dan cepat bisa bereaksi seperti semula.
      Mudah-mudahan lekas sembuh ya mas, jangan lupa sedekah dan berdo’a kepada Allaah swt.

  2. krisnaNo Gravatar says:

    kalau keni gini waduh susah makan.tertawa aja harus di tutupi ,perot perot…katanya

  3. naldusNo Gravatar says:

    saya sepertinya ada gejalah
    setelah saya bangun tidur
    gimana pengobatan pertama nya

    • Hi Naldus,
      Untuk memastikan bahwa kamu memang terkena Bell’s Palsy tentunya harus ada diagnosa dari dokter. Jangan ditunda ya, segera periksakan ke dokter. Nanti dokter yang akan menentukan pengobatan yang tepat buat kamu.

  4. yuliaNo Gravatar says:

    assalamu’alaikum..bell’s palsy kira2 sembuhnya berapa lama y…????

    • Waalaykumsalaam… Waktu penyembuhan Bell’s Palsy ga tentu. Ada yang dalam waktu 2 minggu pun sudah sembuh, tepi ada juga yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk penyembuhannya.

  5. saepudinNo Gravatar says:

    Sehabis jogging, saya (48 th, bb 79 kg/tb 160) langsung mandi karena buru-buru nganter adik ke kota bandung. Habis mandi badan- pegal-pegal, dan saya balur dengan stop-x, lalu pergi bersama adik. Di jalan badan semakin pegal-pegal ga karuan. Sampai akhirnya pulang langsung ke dokter. Saat ditensi, tekanan darah normal 120. Dokter akhirnya memberikan suntikan untuk menghilangkan rasa pegal-pegalnya itu, dan memberikan obat diantaranya piroxicam. Pegal-pegal bukannya hilang malah menjadi-jadi, punggung pun terasa sakit, pangkal paha baal, sehingga sulit tidur.
    Akhirnya obat dihentikan, dan kaki direfleksi. Mendingan, sakitnya berkurang. Seminggu kemudian, saat pulang pakai motor hujan, meludah tiba-tiba tidak bisa luruh selalu ke pinggir, tertawa mulut jadi miring dan kaku. Wajah sebelah kiri ternyata tidak bisa berekspresi.
    Akhirnya langsung ditensi dan di cek darah di apotik terdekat. Hasil tensi 151, colesterol 241, gula darah normal, dan detak jantung normal.
    Sorenya langsung ke dr ahli saraf. Saat diperiksa ke dokter saraf, saya katanya saya terkena bell’s palsy. Diberi obat methyprednisolone 8 mg, lapibal 500, becantex 100 dan rizonax 50 mg. Dua hari kemudian, bisa kentut, dan punggung mulai terasa enak dan longgar. Sekarang sakit-sakit di tubuh sudah hilang, tinggal menjalani terapi wajah.
    Yang jadi pertanyaan, apakah kelumpuhan wajah ini bisa disembuhkan dan berapa lama? Nuhun

    • Pak Saepudin, setiap penyakit insya Allah bisa disembuhkan. Demikian juga dengan penyakit bapak, kalau masalah berapa lama memang tidak ada batasan waktu yang pasti. Menurut pengalaman, anak saya sembuh setelah 3 bulan sedangkan tetangga saya yang pernah terkena (mungkin kadarnya rendah) sembuh dalam waktu 2 minggu dengan hanya 1 kali pengobatan. Dan saya baca ada juga yang sampai tahunan.
      Yang terpenting tetap ikhtiar melakukan pengobatan dan berdo’a tentunya. Bapak bisa memilih untuk menjalani pengobatan dokter saraf dan minta rekomendasinya untuk fisoterapi atau memilih pengobatan alternatif yang TERPERCAYA.
      Yang harus diingat adalah jangan mencampuradukan metode pengobatannya. Jika memilih jalur medis, disiplinlah menjalankannya. Dan jika memilih jalur alternatif juga jalani dengan baik.
      Maaf ya pak, bukannya menggurui hanya saja saya sangat ingin berbagi dengan para penderita penyakit ini karena saya pernah merasakan seperti apa efek dari penyakit ini terhadap putri saya.

  6. ekoNo Gravatar says:

    saya bellspalsy dari umur 4 apa masih bisa sembuh mba? skrng umur saya udah 27

  7. USMAN RADENNo Gravatar says:

    SAYA PERNAH KENA SYARAF 7 ( BELLS PALSY ) TAPI SYA LANGSUNG KE DOKTER SYARAF DAN DISUNTIK DUA KALI DITELINGA DAN DIKASIH OBAT DALAM WAKTU 1 MINGGU SAYA SDH SEMBUH…….SELAIN KEDOKTER SYARAF SAYA JUGA MELAKUKAN TERAPI BEKAM ….. DAN TERAPI GARAM DIPANASIN LANTAS DIGOSOKAN KE MUKA YG KENA SAMPE GARAM TSB DINGIN ITU DILAKUKAN SETIAP MALAM DAN BANGUN TIDUR MUKA DIURUT2 DAN DITARIK KE YG SEHAT

  8. radiusNo Gravatar says:

    semoga cepat sembuh

  9. HestiNo Gravatar says:

    Ass bunda..Athar anakqu didianogsis BP.Wkt itu athar br 10bln.Skrg athar sdg mnjlani terapi obat yg dRekomendasikan oleh dt spesialis anak.Sdh hmpir 2 bln athar terapi obat,Alhamdulillah ada kemajuan wlw msh terlhat tdk sama sisi wajahny kl athar sdg tertawa atw menangis.Sy kg msh mengompres dan melakukan pijatan dibag wjhny.Mata athar msh bs terpejam kl tidur,sisi yg terrlihat beda pun msh bs merasakan sentuhan.Memang mata sblh kanany srg berair.Apakah sy mst keDr spesialis syaraf y bunda?Untuk bs mempercepat penyembuhan..
    Mksh info’a y bunda..

    • Waalaykumsalaam mba Hesti… Jujur saya ga bisa mastiin apakah Athar harus dibawa ke dokter sps. syaraf atau tidak. Tapi mungkin tidak ada salahnya juga untuk konsultasi dg dokter sps. syaraf untuk mendapat second opinion. Yang jelas, jangan sampai lepas dari pantauan dokter untuk memastikan perkembangan kesembuhannya. Penyakit ini harus diwaspadai karena bisa menetap sehingga lebih cepat disembuhkan akan lebih baik. Jangan lupa mba dan keluarga juga perbanyak berdo’a dan sedekah untuk kesembuhan Athar. Peluk cium buat Athar ya, semoga lekas sembuh….

  10. yaniNo Gravatar says:

    Ass.. Bunda.. Sy kena BP 3 minggu stelah melahirkan, sampai skarang anak sy sdh berusia 2,5 th.. Sy melahirkan sesar, seeingat sy d ruang pemulihan op sy kna ac langsung, kamar perawatannya jg ber ac dan 2 minggu stelah mlahirkan sy naik motor tp jarak dekat, hanya dlm kompleks saja. Smpai skarang sy blm sembuh. Sy sdh terapi d rs, akupuntur n d pijat. Kira” ??? pengobatan lain slain ketiga yg di atas td?? Atau bisa sembuh ga klo ketiganya d hentikan?? Trimakasih..

  11. ranggaNo Gravatar says:

    saya sudah 3 tahun kena bells palsy, satu hal yg saya lakukan saat ini adalah pasrah dan menerima semua pemberian Allah ini, karena smw jenis pngobatan sudah saya lakukan, terapi selama setaun penuh,obat alternatif, hingga tusuk jarum… apakah ada saran pengobatan buat saya mbak? hehe,

  12. FeraNo Gravatar says:

    Assalamualaikum.. bunda
    Saya Punya tman dya remaja umur (19tahun) Penderita belly Palsy sejak Lahir..
    apakah msih ada kemungkinan Dy Untuk bisa sembuh…???
    dan Bagaimna cara penyembuhan.a ??
    apakah msie memerlukan operasi ??

    • Waalaykumsalaam wr. wb.
      Fera, untuk hal seperti itu saya tidak bisa memastikan :)
      Tapi yg patut diingat adalah bahwa Allah swt menjanjikan bahwa setiap penyakit diturunkan dengan obatnya. Tugas kita adalah berikhtiar semaksimal mungkin untuk mendapat kesembuhan.
      Soal apakah nanti penyakitnya akan segera sembuh atau ditunda kesembuhannya, kita pasrahkan saja kepada-Nya.

  13. fandiNo Gravatar says:

    asslamau Alaukum war.wab.

    Alhamdulillah Adik Micky bisa sembuh,,Mba..saya pun skrg mengalami BP sdh 4 hari,tepat Jum’at Pagi setelah bangun wajah sebelah kiri saya terasa kakuh dan tdk bisa menggkerut,,saya pun kemudian lansung browsing nyari penyakit apa yg menyerang diriq,,..terxta BP..saat ini saya mengkonsumsi Obat yg diberi oleh dokter ahli syaraf disamping itu melakukan terapi urut wajah di rmh..sampai saat ini respon wajah disebelah kiri saya belum ada perubahan yg signifikan..

    • Waalaykumsalaam wr. Wb.
      Mas Fandy termasuk beruntung karena segera mendapat pengobatan. Mudah-mudahan lekas sembuh ya, jangan lupa rajin berkumur dan mengompres mukanya dengan air hangat.
      Oya, hati-hati dengan pengurutan ya, pastikan terapisnya sebelumnya pernah menangani BP juga karena dikhawatirkan akan menekan ujung syaraf yang salah dan berakibat tidak baik bagi penyakitnya.

  14. Mas KadimanNo Gravatar says:

    saya, mengalami bellpalsy pada 12 Maret 2013. Saya terapy dengan dr. Limanto di Kota Batu Jatim selama 12 kali terapi dan hasilnya hampir 99 %. manjur dengan cara TERAPI AKUFUNTUR.karena saya berdomisili di Palangka Raya, maka sekarang lanjutan terapi saya direhabilitasi medik melalui Sinar dan kejut listrik 3 kali seminggu

  15. SantyNo Gravatar says:

    Anak saya usia 2,5 tahun, perempuan kata dokter terkena bell’s palsy, diks obat anti radang, udah seminggu saya liat belom ada perubahan, dan belom lg saya bawa ketempat lain, mohon penjelasannya, trims

    • Sy udah kirim e-mail ke mbak, tapi dapat peringatan email tidak terkirim.
      Bisa e-mail lagi ke saya ke mamaaksi[at]gmail.com atau shanty.sulastri[at]yahoo.co.id
      atau invite pin BB saya 2ABD5A78

Leave a Reply

This site is using OpenAvatar based on